English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

25 Juni 2014

Revitalisasi Desa Siaga

TEGALWARU, SK - Pembentukan desa siaga sebetulnya sudah dilakukan sejak 2009 lalu. Namun lantaran banyaknya kegiatan yang menjadi program desa yang mesti dilakukan, akhirnya program desa siaga ini tertunda.

Pengurus Desa Siaga Cintalaksana, Ace Priatna mengatakan itu saat ditemui, kemarin.  �Kalau tidak salah pembentukan desa siaga sudah sekitar tahun 2009. Namun karena banyak kegiatan lainnya program desa siaga ini kegiatannya tertunda," ujarnya, ketika diminta komentarnya mengenai program desa siaga. 
Menyinggung soal usulan revitalisasi, Ace mengaku sependapat dengan usulan tersebut. Menurut dia, revitasasi bisa memicu optimalisasi program. Sehingga apa yang menjadi arah dan tujuan program desa siaga dapat terlaksana dengan maksimal. "Kita berharap melalui revitalisasi ini nantinya kegiatan desa siaga bisa kembali eksis," ucapnya.
Karenanya, menurut ACe, jika dijalankan sesuai prosedur kegiatan desa siaga tersebut mempunyai banyak manfaat. "Manfaat yang bisa dirasakan terutama oleh masyaSKt secara langsung. Terutama bagi masyaSKt yang aktif dan mengikuti prosedur," ucap Ace. Dia mengomentari manfaat program desa siaga itu terhadap masyarkat.
Dia juga menceritakan bahwa di desanya sebenarnya sudah memiliki SK, namun karena ada proses pembangunan balai desa prototype, hingga pada saat pindah ke kantor desa semantara, dan kembali kebalai desa, berkas tersebut menumpuk dengan yang lainnya. Namun Ace sendiri menyakini bahwa SK tersebut masih ada, karena dalam setiap pindahpun tidak ada yang tertinggal, hanya saja dimungkinkan menumpuk dengan arsip lainnya. (ark)    


Cerita lainnya :