English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

26 Juni 2014

Aparat Desa Mulai Bersih-bersih Jalur Mudik

LEMAHABANG WADAS, SK - Setiap kali menyambut datangnya bulan Ramadan, aparat Desa Pulojaya, Kecamatan Lemahabang, menggelar kerjabakti. Kerjabakti dengan aksi penebangan pohon dan bersih-bersih di jalur mudik itu dilakukan agar mengurangi peluang kecelakaan di jalur mudik Bakan Kiara-Peundeuy.
Kades Pulojaya H Soleh mengatakan, semua aparat desa dan BPD dikerahkan untuk menebangi pohon-pohon rindang yang mengancam keselamatan pengendara di jalur mudik, karenanya puluhan aparatnya menebang dan membersihkan pepohonan sepanjang 5 kilometer. Hal itu dilakukan agar masyaSKt Pulojaya, termasuk pengendara, nyaman berkendara saat memasuki bulan suci Ramadan di samping menyiapkan diri secara lahir batin. " Menyambut puasa kan selain bersihkan jiwa dan hati, pembersihan alam juga perlu dilakukan, makanya kita gelar kerja bakti ini," katanya.
Soleh menambahkan, meskipun kurang mendapat respon bantuan dari masyaSKt, namun kegiatan kerja bakti ini disambut baik jelang puasa. Pihaknya mengerahkan aparat dengan peralatan seadanya untuk menebang pepohonan yang sudah rindang yang kiranya membahayakan pegendara. Seharian tambahnya, jalur Syeh Quro sepanjang 5 kilometer harus diselesaikan aparat desa karena jika menunggu lama urusannya akan malas, apalagi jika dilakukan saat puasa.
Karenanya upaya kerja bakti atas inisiatif pemerintah desa ini diharapkan bisa diikuti desa lainnya di sepanjang jalur Syeh Quro. "Harus selesai sehari, karena jika beberapa hari apalagi dikerjakan saat puasa nanti lain cerita," ujarnya.
Lebih jauh Soleh menambahkan, pihaknya mengundang dari pihak kecamatan, namun tidak satupun yang datang. Meski demikian, tidak menyurutkan semangat perangkat desa untuk menggelar kerja bakti ini. Dirinya mengapresiasi kinerja aparat dan hasil pekerjaannya, namun karena arus mudik akan sehgera dimulai, sarana penerangan jalan umum (PJU) diharapkan bisa ditambah, karena yang ada pun saat ini kondisinya banyak yang rusak. "Tapi insya Allah biasanya sih menjelang mudik baru dipasang. Jalan sudah bagus, pohon sudah ditebangi, tinggal PJU ditambah lagi harapannya kepada pemda," pungkasnya. (rud)




Cerita lainnya :