English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

25 Juni 2014

Kenaikan Kelas Ajang Sosialisasi PPDB

TELAGASARI, SK - Sebanyak 48 Siswa kelas VI SDN Pasitalaga II Kecamatan Telagasari dilepas. Acara pelepasan dengan tema Gupay Katineung itu dijadikan ajang sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi siswa yang hendak masuk dan keluar di samping tampilan kreasi seni para siswa.
Kepala SDN Pasirtalaga II H Unang D Kusmana mengatakan, sebanyak 48 siswa kelas VI dilepas setelah mengikuti semua tahapan akademik dan siap melanjutkan kembali ke jenjang berikutnya. Momen pelepsan sendiri, selain uji kebolehan di bidang seni dan prestasi para siswa di hadapan para orangtua, pihaknya juga menjadikan momen kenaikan kelas ini untuk memberikan pemahaman soal PPDB masuk SD dan PPDB Online masuk SMP.
Bahkan yang tidak kalah penting juga ia mengajak masyaSKt dan orangtua untuk sama-sama memahami penerapan Kurikulum 2013 yang akan mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru pada kelas 1, 2, 4 dan 5. Karena lanjut Unang, siswanya yang mulai kembali KBM tanggal 14 Juli mendatang langsung merasakan kurikulum 2013 meskipun nantinya akan diisi dulu dengan pesantren kilat karena masuki bulan suci Ramadan.
Karenanya, kurikulum yang sudah disosialisasikan oleh para penatar kepada para guru termasuk dirinya, diharapkan jangan dijadikan program yang membuat kaget lagi para orangtua. "Prestasi SD kami kita sampaikan seperti lomba voli, Cipta Puisi sampai O2SN ini agar memacu semangat pembinaan para orangtua siswa, selain itu kita inginkan Kurikulum 2013 ini berjalan lancar," katanya.
Lebih lanjut Unang menambahkan, yang tak kalah pentingnya soal PPDB, ia mengingatkan para orangtua yang hendak memasukan anaknya ke SD harus memperhatikan persyaratannya seperti menyiapkan KK, akta kelahiran, sampai dengan tinggi dan berat badan. Jika tidak, persyaratan tersebut akan ditolak, karena data-data itu diperlukan dan hasilnya dilaporkan ke Dapodik.
Sementara untuk Siswa SD yang hendak masuk SMP jadwalnya sudah diplot mulai tanggal 1-8 Juli secara online, karenanya ia bersama para orangtua sudah pahit-pahitan jika kemudian tidak diterima SMP tertentu akibat syarat maupun nilai yang kurang memenuhi standar, karena beberapa hal yang harus ditempuh seperti jalur prestasi, jalur anak tidak mampu, rayonisasi (KK), sampai dengan ada poin ijazah madrasah menjadi pertimbangan.
Pihak sekolah lanjut Unang, sudah siap 24 jam operatornya untuk mendaftarkan siswa secara online. "Kita sudah siapkan dan kita sudah pahit-pahitan soal PPDB ini dengan para orangtua," cetusnya.
Komite SDN Pasirtalaga II Hasan mengapresiasi bimbingan para guru dan kepala sekolah. Ia berharap para siswa selalu meningkatkan kadar ketakwaan dan mengambil nilai-nilai positif dari apa yang diajarkan para guru. Dirinya berharap dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 ini para guru tidak lagi sembarangan meninggalkan kelas saat jam-jam mengajar. "Kita patut apresiasi para guru dan kepala sekolah atas bimbingannya, semoga para siswa terus meningkatkan kecerdasan belajarnya," katanya. (rud)

Cerita lainnya :